Tabel Rekapitulasi Jumlah Data Penduduk Berdasarkan Pekerjaannya

Pada data Buku Induk Kependudukan terdapat berbagai isi data dari Kartu Keluarga mulai dari NIK, No KK, Nama, Jenis Kelamin, dan lainnya sampai dengan nama Pekerjaan. Jika anda dihadapkan pada pekerjaan yang berkaitan dengan menghitung jumlah penduduk berdasarkan pekerjaan pada ms office excel. Anda dapat mencoba cara yang akan saya bahas kali ini.

Penghitungan dapat dilakukan secara otomatis akan menampilkan jumlah Laki-laki dan perempuan yang memiliki pekerjaan berdasarakan kategori nama pekerjaan yang kita buat. Berikut ini caranya :

Contoh tabel data pekerjaan 1
Contoh tabel data pekerjaan

Sebagai contoh kasus bisa dilihat pada tabel diatas, dan akan untuk tabel rekapitulasinya seperti ini :

Advertisement
Tabel Rekapitulasi Jumlah Data Penduduk Berdasarkan Pekerjaannya
Tabel Rekapitulasi Jumlah Data Penduduk Berdasarkan Pekerjaannya

Maka untuk menghitung secara otomatis berdasarkan nama pekerjaan pada tabel diatas, rumus yang akan digunakan yaitu Countifs. Fungsi COUNTIFS di Microsoft Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi beberapa kriteria sekaligus.

Rumus Countifs :

COUNTIFS(range1, criteria1, [range2, criteria2], …)

untuk pengaplikasiannya, rumus yang digunakan adalah :

=COUNTIFS($C$2:$C$18;"Laki-Laki";$D$2:$D$18;G4)
  • $C$2:$C$18 = adalah range data kesatu yang akan dihitung
  • “Laki-Laki” = kirteria acuan untuk melakukan penghitungan
  • $D$2:$D$18 = adalah range data kedua yang akan dihitung
  • G4 = kriteria data sesuai yang ada pada tabel rekapitualsi
Rumus countifs untuk menghitung jumlah penduduk berdasarkan nama perkejaan

Untuk yang perempuan, cukup ganti kriterianya dengan “Perempuan”.

Advertisement
A+ A-
LINGGA ID

Live Search